Kompetensi Lulusan
Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama yang diharapkan dari para lulusan Program Studi Magister PIAS Program Pascasarjana meliputi :
- Pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi melalui kegiatan penelitian dan karya inovatif.
- Kemampuan memecahkan permasalahan terkait isu lingkungan melalui pendekatan ilmiah secara inter atau multidisiplin dalam area terkait dengan bidang Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi.
- Kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, bekerjasama dalam tim termasuk memimpin secara professional pada intitusi masyarakat, pemerintah, maupun swasta di tingkat nasional maupun internasional.
Menghasilkan lulusan yang :
- Memiliki kemampuan intelektual dan merangsang rasa ingin tahu dari mahasiswa yang mengikutinya.
- Memiliki kematangan emosional dan mengembangkan kemampuan komunikasi dan berfikir bebas, membangun semangat kepemimpinan yang bertanggung jawab dan
- Memiliki etika profesional.
Studi Pelacakan (Tracer Study)
Jumlah alumni yang terdaftar saat studi pelacakan dilakukan (September 2016) sebanyak 22 orang, yang merupakan alumni lulusan Agustus 2014 – Juli 2016. Adapun ukuran sampel yang digunakan dalam kegiatan pelacakan alumni ini sebanyak 64% atau 14 orang dari seluruh alumni yang terdaftar hingga Juli 2016 (TS).
Studi pelacakan terhadap lulusan Program Studi Magister PIAS ITB memberikan hasil bahwa sebanyak 51,53% tanggapan dari pihak pengguna menyatakan lulusan Program Studi Magister PIAS ITB mengalami peningkatan kompetensi yang sangat baik (sangat signifikan) pada berbagai aspek setelah menjalani masa perkuliahan di Program Studi Magister PIAS ITB dibandingkan pada saat awal bekerja. Selain itu, sebanyak 39,80% pengguna menganggap bahwa terdapat peningkatan kompetensi yang baik (signifikan) pada berbagai aspek setelah menjalani masa perkuliahan di Program Studi Magister PIAS ITB dibandingkan pada saat awal bekerja. Adapun pihak pengguna yang menyatakan peningkatan kompetensi bekerja setelah menjalani masa perkuliahan di Program Studi Magister PIAS ITB dibandingkan pada saat awal bekerja relatif cukup dan masih kurang hanya sebanyak 2,55% dan 6,12%. Hasil studi pelacakan terhadap mahasiswa lulusan Program Studi Magister PIAS ITB selengkapnya ditunjukkan pada tabel berikut ini.
No. | Jenis Kemampuan | Tanggapan Pihak Pengguna | Pemanfaatan Hasil Pelacakan | |||
Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | |||
(%) | (%) | (%) | (%) | |||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) |
1 | Integritas (etika dan moral) | 57,1 | 35,7 | 0 | 7,1 | Hasil studi pelacakan ini digunakan
sebagai masukan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran dan atmosfer akademik serta pembangunan jejaring di Program Studi Magister PIAS ITB. |
2 | Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme) | 57,1 | 35,7 | 0 | 7,1 | |
3 | Keluasan wawasan antar disiplin ilmu | 57,1 | 35,7 | 0 | 7,1 | |
4 | Kepemimpinan | 35,7 | 57,1 | 0 | 7,1 | |
5 | Kerja sama dalam tim | 57,1 | 35,7 | 0 | 7,1 | |
6 | Bahasa asing | 42,9 | 57,1 | 0 | 0 | |
7 | Komunikasi | 47,6 | 40,5 | 4,8 | 7,1 | |
8 | Penggunaan teknologi informasi | 57,1 | 42,9 | 0 | 0 | |
9 | Pengembangan diri | 71,4 | 14,3 | 7,1 | 7,1 | |
Total | (a)= 483,3 | (b)= 354,8 | (c)= 11,9 | (d)= 50,0 |
Catatan:
- Jumlah responden sebanyak 64% dari pengguna lulusan Program Studi Magister PIAS dari berbagai perusahaan/institusi
- (*) persentase tanggapan pihak pengguna pada peringkat = [(jumlah tanggapan pada peringkat) : (jumlah tanggapan yang ada)] x 100
Berdasarkan hasil studi pelacakan tersebut, Program Studi Magister PIAS ITB telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kompetensi lulusan sebagai berikut:
- Integritas (etika dan moral). Mata kuliah metodologi penelitian/etika profesi sebagai bagian dari kurikulum, merupakan salah satu upaya yang telah dilakukan Program Studi Magister PIAS ITB untuk meningkatkan kemampuan integritas (etika dan moral) mahasiswa.
- Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme). Program Studi Magister PIAS ITB telah merancang mata kuliah studio dalam kurikulumnya serta menyelenggarakan kuliah lapangan untuk meningkatkan keahlian dalam bidang ilmu (profesionalisme). Diharapkan mahasiswa dapat lebih aplikatif terhadap berbagai teori yang diterima (produktivitas).
- Keluasan wawasan antar disiplin ilmu. Untuk meningkatkan keluasan wawasan antar disiplin ilmu mahasiswa, Program Studi Magister PIAS ITB telah mengadakan kegiatan kuliah tamu, baik pembicara dari dalam negeri maupun luar negeri.
- Kepemimpinan. Program Studi Magister PIAS ITB menerapkan metode collaborative learning yang mengedepankan peran mahasiswa untuk berinteraksi berupa diskusi dalam kelompok sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan.
- Kerja sama dalam tim. Penerapan metode collaborative learning dimana di dalamnya lebih banyak menampilkan peran serta mahasiswa untuk berinteraksi berupa diskusi dalam kelompok merupakan salah satu upaya yang telah dilakukan Program Studi Magister PIAS ITB untuk meningkatkan kompetensi kerja sama dalam tim.
- Bahasa asing. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, Program Studi Magister PIAS ITB telah memperbanyak paparan dalam Bahasa Inggris serta memperbanyak tugas untuk membaca jurnal internasional.
- Komunikasi. Penerapan metode collaborative learning dimana di dalamnya lebih banyak menampilkan peran serta mahasiswa untuk berinteraksi berupa diskusi dalam kelompok dan hasilnya disampaikan berupa presentasi (komunikasi sosial) merupakan salah satu upaya Program Studi Magister PIAS ITB untuk meningkatkan kompetensi komunikasi mahasiswa.
- Penggunaan teknologi informasi. Saat ini, Program Studi Magister PIAS ITB telah menyediakan sarana teknologi informasi yang bisa diakses oleh mahasiswa seperti internet dan hotspot untuk keperluan akademik maupun administrasi (berpikir kongkrit praktis).
- Pengembangan diri. Disediakan berbagai mata kuliah pilihan yang dapat diambil oleh mahasiswa sebagai salah satu upaya Program Studi Magister PIAS ITB untuk meningkatkan kemampuan pengembangan diri mahasiswa.
Himpunan Alumni
Alumni dari Program Studi Magister PIAS dapat bergabung dengan Ikatan Alumni ITB (IATL-ITB). Sampai saat ini alumni yang tergabung dalam IATL ITB sudah banyak memberikan kontribusi terhadap peningkatan sarana dan prasarana di Program Studi maupun Magister dan Doktor. Adapun kegiatan alumni tersebut meliputi:
- Membentuk jejaring terkait bidang Teknik Lingkungan
- Keterlibatan dalam Faculty Advisory Board, di mana secara rutin memberi masukan untuk pengembangan kurikulum Program S2
- Berbagi pengalaman dan kesuksesan melalui kegiatan dosen tamu pada perkuliahan dan seminar mahasiswa
- Mendukung program kuliah lapangan
- Pengembangan fasilitas perkuliahan/mendukung peningkatan proses pembelajaran.
Terkait dengan peran alumni dalam mendukung proses pembelajaran, alumni Program Studi Magister PIAS telah memberikan sumbangan berupa buku yang selanjutnya akan menjadi koleksi Perpustakaan Program Studi Magister PIAS di Kampus ITB Jatinangor.